Thursday 26 October 2017

Masak apa hari ini? Plant Jammer akan membantumu!

Mau masak apa hari ini? Ini adalah pertanyaan yang setiap hari muncul buat orang yang suka masak, utamanya para moms kece jaman now.

Bosan dengan menu yang gitu-gitu aja? Mau padu padan bahan tapi takut gak enak? Mau ikutan lomba cipta resep?

Coba datang ke web ini, namanya https://www.plantjammer.com/. Di sana kita bisa menciptakan resep baru yang rasanya insyaAllah sesuai. Web ini akan membantu kita menciptakan resep kita sendiri dengan menyesuaikan dengan bahan yang kita punya di kulkas (atau kalau gak punya, tinggal sms tukang sayur keliling supaya dibelikan bahannya untuk kita) dengan berbasis big data food pairing yang mereka punya.
tampilan web PlantJammer

Mengapa harus masak sendiri kalau bisa beli jadi di warung?
Karena sekarang sudah ada Plantjammer. Kamu gak perlu takut lagi memasak! Seperti kata Chef Gusteau dari film Ratatouille dengan cheesy Disney quotenya, "Anyone can cook but only the fearless can be great". Dengan memasak sendiri:

  1. kita bisa jadi lebih mengenal diri kita sendiri (bahkan di Eropa, cooking is therapy), 
  2. bisa membangun kedekatan dengan orang yang kita bagi makanannya (anak, suami, mertua, pacar, adik, dll),
  3. kita bisa mengasah kemampuan kita sendiri,
  4. kita turut mengurangi rantai distribusi makanan,
  5. kita jadi memperkaya kosa kata rasa,
  6. kita jadi melatih otak untuk belajar tentang rasa,
  7. dan pastinya bikin kita tambah kece.
Plant Jammer ini juga sangat mudah digunakan. Kita cukup tentukan mau masak jenis apa, masukin bahan-bahan yang kita punya, pilih bahan-bahan pendukung lainnya (yang berada di daftar paling atas adalah yang paling cocok dipadankan. Semakin ke bawah agak kurang nyambung, tapi seru juga kalau di coba), kalau sudah merasa cukup bahan, klik selesai dan akan muncul resepnya. Bisa jadi kita adalah orang pertama yang menciptakan dan mencoba resep tersebut. Jadi bisa dilombakan ke lomba cipta resep!

Apa bedanya dengan cookpad atau google? Cookpad dan Google hanya akan menampilkan berratus-juta resep-resep yang pernah ada di dunia. Lalu kita akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memilih resep mana yang sesuai. Seringkali kita hanya akan memilih resep yang paling familiar dengan yang biasa kita masak. Jadinya itu lagi itu lagi. 

Dengan PlantJammer, kita gak perlu sibuk dan bingung mau pilih resep yang mana karena sesuai dengan slogannya PlantJammer, the best recipe is your own recipe!!