Monday 26 March 2018

Melawan Hoax Telur

Allahurabbi gusti.... Pesimis saya sama negara ini kalau melihat video2 hoax yang makin banyak... Program wajib belajar 9 tahun pemerintah ini hasilnya apa ya kalau masyarakatnya masih buta begini?? Selama SD SMP pada belajar apa? Gak kasihan sama bapak ibu guru yang sudah lelah mengajar dengan gaji kecil?

Iqro.. Iqro.. Iqro... Bacalah nak... Baca.... Banyak-banyaklah membaca. Kalau kalian gak kuat baca, nih saya kasih beberapa video yang bisa menjelaskan hal itu.

1. Video tentang bagian-bagian telur: yang para hoax maker bilang itu kertas, itu tuh membran yang tugasnya melindungi. Membran ini kalau di negara maju sudah diekstrak, dan dijadikan suplemen untuk sendi serta bisa untuk mempercepat penyembuhan luka yang harganya masyaAllah mahalnya. Kita malah nuduh itu kertas..

2. Kuning telur itu warna macam-macam. Gak usah gumun dan gak usah bikin hoax lagi. Lihat ini dan pahami kenapa bisa begitu.

3. Warna kulit telur ayam itu juga beda-beda. Ada yang putih, ada yang cokelat. Yang putih itu gak selamanya dari ayam kampung. Tergantung dari jenis ayamnya. Manusia aja ada banyak warna kulit, ayam pun begitu.

4. Telur itu tidak hanya dihasilkan oleh ayam. Yang dihasilkan oleh ayam pun ukurannya beda-beda. Gak usah gumun.

Rasanya emosi dan gatal lihat banyak orang bego bikin hoax yang viral. Tujuannya apa sih? membodohi anak bangsa? Mau dibawa kemana generasi yang akan datang? Orang negara lain sudah bisa bikin macem2, negara kita yang masih terbelakang kok malah mau dibawa ke belakang lagi... Haduuuuh... Miris hati ini.. Sedih hati ini.. (Maafkan emosi saya yang meluap)

Oia, maaf, videonya bahasa inggris.. Sudahlah... Saya sudah lelah mencarikan yang bahasa Indonesia..