Wednesday 7 March 2018

Museum Universitas Kopenhagen

Di Kopenhagen dan sekitarnya, ada 10 museum dan kebun yang merupakan bagian dari Universitas Kopenhagen. Sebagai anggota dari Universitas Kopenhagen, baik pelajar maupun staff, asal punya ID UCPH, kita bisa mendapat akses yang lebih ringan (gratis maupun harga spesial) untuk bisa menikmati museum-museum tersebut. Tujuh dari sepuluh museum dan kebun itu ada di Kopenhagen, antara lain:

  • Botanical Garden

Terletak di tengah kota sebagai filter yang tidak hanya menyediakan oksigen segar saat kita penat dengan PhD, tapi juga menyimpan koleksi tanaman liar dan gene bank terbesar di Denmark. Masuk gratis dan ekstra hangat saat butuh kehangatan saat jalan-jalan di musim dingin. Beberapa kali kesini dan gak pernah bosan memandangi istana kacanya. Pertama kali ke sini diajak mas Yoppi saat dia mengenalkan aku dengan kopenhagen dan sekitarnya.

  • Kebun di Frederiksberg Campus

Lokasinya persis di belakang kampus saya. Kalau musim panas, lebih banyak lagi koleksi tanaman herbalnya. Banyak sekali yang menarik. Pertama kali ke sana diajak Mathias dan dijelaskan sama dia beberapa herbal untuk membuat minuman Cola. Menarik sekali.

  • Geological Museum

Lokasinya dekat dengan Botanical Garden. Museum dimana kita bisa belajar tentang solar sistem dan bumi. Saya belum pernah ke sana. Akan update blog kalau sudah ke sana ya.

  • Medical Museum

Museum tentang dunia medis. Banyak sekali awetan-awetan hewan dan manusia. Sepertinya menarik. Tapi saya tidak berani ke sana sendiri. Kalau sudah ada partner, saya update lagi ya blog ini.

  • Museum of Herbal medicine

Terletak di Noord Campus. Bahkan mahasiswa yang kuliah di sana saja tidak tahu akan keberadaan museum ini. Mungkin dia saja yang kuper.

  • Veterinary Historical Museum

Museum yang menampilkan koleksi kuda dan lembu untuk keperluan kuliah.

  • Zoological Museum

Museum terkeren yang pernah saya datangi. Museum yang ramah anak karena menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dicoba oleh anak, ada ruang makannya, dan Lay out yang mengagumkan. Dulu gratis. Sekarang sudah tidak lagi. Pertama kali ke sini bareng dengan anggota section yang lain.

Museum yang berada di luar Kopenhagen antara lain:

  • The Arboretum

Terletak di Hørsholm sebagai perluasan dari Botanical Garden. Belum pernah ke sini jadi belum bisa cerita apa yang menarik.

  • The Pometet (The Apple Museum)

Berlokasi di Taastrup, sekitar setengah jam perjalanan dengan mobil dari Kopenhagen. Museum outdoor yang memiliki koleksi mengagumkan akan banyaknya varietas apel, berry, bushes dan buah yang lain. Museum ini tidak selalu terbuka untuk umum. Museum ini bisa dikunjungi dengan booking terlebih dahulu atau saat mereka open house. Biasanya sekitar musim panas. Saya sudah dua kali ke sini. Pertama kali bareng Nordic Food Lab dalam rangka panen raya. Kedua kali saat membantu Rikke dalam acara open house Pometet yang bekerja sama dengan Smag for Livet.

  • The Øresund Aquarium

Lokasinya di Helsingor, sekitar 1 jam 16 menit dengan kereta dar Kopenhagen. Museum yang menampilkan banyak koleksi hewan laut. Kita juga bisa snorkeling di pantai sekitar akuarium itu. Saya pertama kali ke sana dalam rangka acara sosial Section kami.